Sabtu, 05 September 2009

1. METODA – METODA

  1. Berbagai Metoda

Dalam arti luas. Psikodianostik meliputi segala metoda dalam lapangan Psikologi. Seperti mudah sekali dimengerti bahwa bekerjanya Psikodianostik itu kalau dianalisa dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Mengumpulkan / Mendapatkan data

  • Menganalisa data tersebut

  • Mengambil kesimpulan. Yang berupa pembuatun diskripsi mengenai subyek sebagaimana adannya kini(diagnosis).

Dalam pada itu perlu dicatat, bahwa apa yang dibuat diagnosisnya tergantung kepada tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, pengobatan, penyuluhan dan bimbingan studi. Pemilihan jabatan dan sebagainya. Kecuali itu pantas pula dikemukakan. Bahwa walaupun dalam diagnosis itu dibuat deskripsi mengenai keadaan kini, namun di dalamnya terkandung pula ramalan atau prediksi di masa yang akan datng (pragnosis).

Mengingat bahwa manusia itu adalah begitu kompleks, begitu banyak seluk-beluk nya, maka dalam melakukan diagnosis secara Psikologis adalah tidak bijaksana kalau kita memakai metoda tunggal, yaitu mendasarkan diri kepada sesuatu metoda saja; adalah lebih bijaksana kalau kita pergunakan kombinasi berbagai metoda. Kita pergunakan kombinasi berbagai metoda. Kita pergunakan metoda-metoda yang relevan bagi kebutuhan kita untuk melakukan dianosis itu. Memang banyak kali yang memegang peranan utama hanya sesuatu metoda tertentu sedangkan metoda-metoda lain berperan sebagai pelengkap atau pengontrol. Namun bagaimanapun juga pelengkap atau pengontrol itu perlu.

Secara garis besar metoda-metoda yang banyak digunakan untuk kebutuhan diagnosis secara psikologis itu dapat diikhtisarkan sebagai berikut:

  1. Test sebagai metoda utama dalam Psikodianostik

Telah dikemukan bahwa adalah lebih bijaksana kalau kita menggunakan metoda yang dikombinasikan dan bukan metoda tunggal. Diantara metoda-metoda yang telah diikhtisarkan di atas itu yang paling sering memegang pernanan utama adalah test. Sedangkan metoda-metoda yang lain banyak sekali hanya memegang peranan sebagai pelengkap atau pengontrol. Karena itu di dalam pembicaraan selanjutnya juga akan diberikan perhatian dn tempat khusus kepada metoda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar