Jumat, 23 Oktober 2009

4. WAWANCARA

  1. Pengertian

Wawancara dalah metoda yang mendasarkan diri kepada laporan verbal (verbal repots) dimana terdapat hubungan langsung antara si penyelidik dan subyek yang diselidiki. Jadi dalam metoda ini ada “face to face relation” antara penyelidik dan diselidiki

  1. Klasifikasi

Menurut bentuknya wawancara digolongkan sebagai berikut

  1. Wawancara tak berstruktur atau bebas(non stuructred inter view). Yait

  2. Wawancara berstruktur(structud interview

  3. Wawancara terarah

  1. Kebaikan metoda wawancara’dadalam perbandingan dengan metoda –metoda yang telah dibicarakan terlebih dahulu wawwancara lebih dapat mengenai sasaran berkat adanya face to face relation antara penuyelidik dan subyek yang diselidiki . hal-hal yang menimbulkan keraguan-keraguan dapat segera dicari kejelasan nya, gejala-gejala khas tertentu. Dapat segera dicarai latar belakang nya degnan persiapan yang teliti dan dilakukan oleh penyelidik yang mampu metoda ini akan memberikan data yang sangat kaya.

  2. Kelemahan-kelemahan metoda wawancara

Pelaksana harus benar-benar tahu atau telah ahli dalam bidang yang disellidki . jika dikehendaki penyelidikan itu berhasil idengan sebaik-baiknya. Sukar dapat dibayangkan bahwa seorang ahli ekonomi yang tidak mempelajari psikologi melakukan wawancara mengenai psikologi.

Biaya relatif tinggi jika dibandingakan dengan angket.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar